Popular Posts

Tentang Penulis

Drs. Priyanto, Apt, M. Biomed , lahir di Sragen 12 Juli 1963. lulus SMAN IV Solo. Memperoleh gelar Sarjana Farmasi dan Apoteker dari UGM. Menyelesaikan program Pasca Sarjana Biomedik kekhususan Farmakologi UI tahun 1999. Tahun 2001 beliau mendapatkan beasiswa ISTP II (AUSAID) untuk belajar "drug information" di Melbourne Australia. Dan kini, beliau sedang menyelesaikan Doktornya pada Program studi Ilmu Faal dan Khasiat Obat di Departemen Anatomi, Fisiologi dan Farmakologi FKH IPB.

kontak kami

hp. 082133298543.... ... ... ... ... pin bb 2768F3D5
Jumat, 05 Juli 2013
Buku ini diperuntukan bagi mahasiswa Farmasi dan Keperawatan, terutama yang baru mendapatkan matakuliah farmakologi untuk pertama kali.

Namun, buku ini juga dapat sebagai pegangan bagi mahasiswa Kedokteran atau Kedokteran Gigi karena berisi konsep-konsep dasar yang sangat diperlukan dalam mempelajari farmakologi. Konsep dasar yang termuat dalam buku ini sangat bermanfaat utntuk keperluan pengembangan dan pemahaman farmakologi yang lebih komplek. Tanpa memahami konsep dasar, farmakologi hanya akan menjadi "pengetahuan hafalan" yang kurang bermanfaat untuk kepentingan terapi, pelayanan kesehatan, penelitian, dan peningkatan kemanfaatan obat.
 

Setelah membaca dan memahami isi buku ini, mahasiswa akan mendapatkan pengetahuan tentang:

  • dasar-dasar penggolongan obat, perhitungan dosis, dan cara         pemberian obat untuk berbagai kesediaan; 
  • fase-fase yang harus dilalui sebelum obat menimbulkan efek, yaitu   fase farmasektik, farmakokinetik, dan farmakodinamik;
  • mekanisme kerja obat berkaitan dengan tempat kerjanya, dan kegunaanya dalam terapi;
  • proses timbulnya efek samping dan efek toksik dari obat serta ketergantungan Napza; dan
  • terapi antidotum, yaitu suatu tindakan utnuk mengurangi intensitas efek toksik

0 komentar: