Popular Posts

Tentang Penulis

Drs. Priyanto, Apt, M. Biomed , lahir di Sragen 12 Juli 1963. lulus SMAN IV Solo. Memperoleh gelar Sarjana Farmasi dan Apoteker dari UGM. Menyelesaikan program Pasca Sarjana Biomedik kekhususan Farmakologi UI tahun 1999. Tahun 2001 beliau mendapatkan beasiswa ISTP II (AUSAID) untuk belajar "drug information" di Melbourne Australia. Dan kini, beliau sedang menyelesaikan Doktornya pada Program studi Ilmu Faal dan Khasiat Obat di Departemen Anatomi, Fisiologi dan Farmakologi FKH IPB.

kontak kami

hp. 082133298543.... ... ... ... ... pin bb 2768F3D5
Jumat, 05 Juli 2013
Mekanisme, Terapi Antidotum, dan Penilaian Risiko

Efek toksis suatu zat sangat tergantung pada jumlahnya disel sasaran. dengan memahami faktor-faktor yang mempengaruhi sampainya zat di sel sasaran, kita akan dapat mencengah timbulnya efek toksik.

Langsung atau tidak langsung, zat toksik dapat menimbulkan gangguam biokimiawi, struktural, dan fungsional atau kombinasinya pada tingkat seluler, jaringan atau organ yang bersifat reversibel atau irreversibel. Buku ini menjelaskan tentang mekanisme timbulnya efek toksik dari zat kimia seperti radikal dan obat serta organ yang potensial sebagai sasaran timbulnya efek toksik.

Penggunaan zat kimia dan obat walaupun sebelum peredarannya sudah diantisipasi dampak buruknya melalui serangkaian penelitian, ternyata masih dapat menimbulkan efek yang merugikan terutama jika penggunaannya tidak sesuai aturan atau tidak terkontrol.

Buku ini juga menyampaikan tentang obat untuk kegawatdaruratan medis pada saluran pernafasan, jantung, diabetes milites, dan sistem saraf. Selain itu, buku ini juga memuat tentang terapi antidotum baik yang bersifat umum atau spesifik serta tata cara melakukan uji toksisitas akut.

Dengan membaca buku ini, diharapkan dapat mengetahui:

  • proses timbulnya efek toksik
  • zat kimia atau obat yang potensial toksik dan organ sasarannya
  • obat untuk kegawatdaruratan medis dan terapi antidotum, dan; 
  • tata cara uji toksisitas suatu zat


Untuk mempermudah mencapai tujuan di atas, buku ini dilengkapi dengan soal-soal sebagai evaluasi diri tentang pemahaman isi dari buku ini.

2 komentar:

Unknown mengatakan...

selamat siang, kalau mau beli buku ini, gimana caranya ya ?

Unknown mengatakan...

selamat siang, kalau mau beli buku ini, gimana caranya ya ?